Bacpackeran ke Bangkok – Part 1 (Transportasi)

Baru dua hari yang lalu gue balik dari Bangkok after 4 hari 3 malem ngelilingin Bangkok bareng travel mate gue dari jaman SMP. Berhubung gue yang udah bersuami (temen gue single) jadi gue mesti puter otak nyiapin makanan awet buat bekel suami selama gue tinggal jalan-jalan hehehe *istri macam apah*

Jadiiii… ceritanya gue dan travel mate gue ini naek pesawat AA jam 07.20 dan secara rumah gue di ujung berung yang tak berujung jadi jam setengah empat pagi (belon juga Subuh) gue mesti capcuuusss ke airport. Mata masih lengket, mandi asal basah berangkatlah gue ke tempat kita janjian dianter suami tercintah pastinya dooong.

Selama di Thailand gue banyak ngabisin waktu untuk keliling Bangkok naik transportasi umumnya. Teramat sangat iri ngeliat gimana Bangkok udah bisa sekeren itu transportasi darat dan airnya. Jadi, total jendral ada 4 macam transportasi yang gue cobain.

1.  Van Sewaan

Van sewaan macem ini banyaaaaaak banget di Bangkok dan rata-rata tarifnya sama. Gue naik van ini di hari pertama begitu nyampe bandara Don Muang (AA mendarat di sini bukan di Suvarnabhumi lagi). Jadi gue bikin janjian sama cewe-cewe dari berbagai kota di Indonesia yang mau backpackeran ke Bangkok juga, total ada 8 orang termasuk gue dan travel mate gue. Van ini udah gue booking dari Indonesia cuma ngandelin BBM. Yang nyewain van emang orang Thailand asli tapi jangan khawatir, bahasa Indonesianya jago abis. Namanya Mr. Nico (googling aja atau cari di kaskus, doi terkenal kok.. pin BBnya ilang jadi nggak bisa share).

Tarifnya flat 1200Bath dari bandara ke Bangkok mana aja. 1Bath = Rp. 330,-  Lumayan banget kan 1200Bath dibagi 8, jadi per orang cuma kena 133Bath-an deh.

Menurut gue Mr. Nico ini recomended banget, karena ceritanya pesawat gue kecepetan nyampenya nih. Nah sebelumnya gue bikin janji jam 11 minta dijemput, ternyata eh ternyata jam 10 lewat drivernya udah nyampe sambil bawa kertas yang tulisannya nick name BBM gue hahaha…

Drivernya juga asik kok, namanya Mr. Tom (bukan Mr. Nico sendiri yang jemput yaa doi lagi di Bali soale). Mr. Tom bisa bahasa Inggris dan sepanjang jalan dia ngasih tau tempat-tempat yang asik buat shopping *dasar emak-emak*

Oia, bayar sewa vannya on the spot kok alias langsung bayar di Bangkok begitu kita nyampe tempat tujuan, jadi nggak perlu transfer dan takut duit dibawa kabur hahaha…

2. BTS (Bangkok Train Sky)

Nah ini dia yang asik, BTS ini semacam monorel lah kalo nanti jadi ada di Jakarta. Tarifnya amat sangat terjangkau, mulai dari 15Bath (untuk jarak 1 stasiun) sampai 55Bath untuk jarak terjauh.

Buat yang baru pertama kali ke Bangkok dan mau nyobain naik BTS nggak usah bingung, karena di setiap stasiun BTS kita bisa minta peta ke petugas loketnya. Jadi bisa nentuin rute dulu sebelum beli tiket BTS.

Cara beli tiketnya juga gampang. Nggak ada beli tiket di loket, loket hanya untuk bagian informasi dan nukerin bath kertas ke bentuk logam. Ada 2 macem mesin pembelian tiket, yang pake uang kertas dan uang logam.

Saran gue sebelum beli tiket dan mencet-mencet tombol di mesin karcis, sebaiknya liat dulu peta BTS yang ada di sebelah mesin. Jadi, kita bisa tau mau turun di stasiun mana dan berapa yang harus dibayar.

Kalo masih bingung juga, masih nggak perlu khawatir. Petugas loketnya bahasa Inggrisnya lumayan oke kok malah ada beberapa yang bagus banget jadi kita bisa nanya sejelas-jelasnya ke mereka.

Dalemnya nyaman banget dan selalu ada keterangan stasiun dalam bahasa Inggris

Dalemnya nyaman banget dan selalu ada keterangan stasiun dalam bahasa Inggris

IMG-20130208-00018

Tiket BTS yang berbentuk kartu, tapi ada juga yang bentuknya koin plastik bulet kayak buat maen karambol Tiket BTS yang berbentuk kartu, tapi ada juga yang bentuknya koin plastik bulet kayak buat maen karambol

Stasiun BTS ini bersih banget, gue jadi mikir kalo nanti monorel jadi ada apa bisa sebersih ini ya?

3. River Boat

Ini adalah transportasi yang cukup unik, dulu di jakarta sempet di uji coba tapi kayaknya gagal karena kalinya bau dan nggak bersih. nah di Bangkok, river boat ini jalurnya searah Chao Praya River. Harga dan sistem pembayarannya pun ada macem-macem.

a. Gratis (nggak perlu bayar)

Kita bisa gratis naik river boat setelah sampai di stasiun BTS Saphan Thaksin (semoga bener tulisannya).  Tapi, hanya river boat tujuan Asiatique aja yang gratis ya.. jadi PP ke Asiatique lumayan gratisaaaaan..

Cuma, mesti sabar antri yaaa…

b. Bayar 3Bath

Cukup dengan biaya 3Bath aja kita bisa nyebrang dari Wat Pho ke Wat Arun atau pun sebaliknya. Sistem pembayarannya hanya perlu ngelewatin loket yang dijaga seorang ibu dan nggak bisa bahasa Inggris lohhh..

Kalau mau menikmati sungai Chao Phraya dengan bayar 3Bath ini tentu aja nggak bisa, wong kita cuma nyebrang doang kok, lama perjalanan aja nggak nyampe 5menit.

c. Bayar 15Bath (bendera orange klo nggak salah)

Nah kalau naik perahu yang ini kita lumayan bisa nikmatin sungai Chao Praya. Gue naik perahu ini dari stasiun BTS Saphan Thaksin ke Wat Pho.

Perahu ini tandanya bendera orange, artinya ini transportasi publik dan harganya murah. Kelas ekonominya lah kalo bis.. jadi kalo nggak kebagian tempat duduk ya siap-siap aja berdiri sepanjang perjalanan.

Oia, cara bayarnya langsung di atas perahu, nanti ada petugas yang keliling nagihin duitnya kok..

Tiket BTS yang harganya 15 Bath

Tiket BTS yang harganya 15 Bath

d. Bayar 40Bath (bendera biru)

Nah yang ini kerenan dikit, Patas AC deh padanannya kalo sama bis di Jakarta hehe.. Boat ini sebenernya ditujukan buat para turis. Sepanjang perjalanan ada guide yang orang Thailand ngejelasin setiap tempat yang dilewatin perahu ini dalam bahasa Inggris.

Yang nggak tau mau ngapain di Bangkok bisa di coba naik perahu ini sampe ujung terus balik lagi.. lumayan lah 80 Bath bisa dapet penjelasan macem-macem dan pemandangan oke sepanjang sungai.

Sistem pembayarannya juga sama kok di atas perahu.

e. bayar 150Bath

Kalo yang ini cocok buat yang mau mondar mandir seharian ngandelin transportasi air. Harganya cuma 150Bath dan bisa berhenti atau naik dari pemberhentian mana pun.

Batas waktunya 24jam selama jam bukanya transportasi ini.

Ini gue kasih informasi jam operasional River Boat:

jadwal perahu

jadwal perahu

4. Taksi

Akhirnya gue terpaksa naek taksi juga demi ngejar flight. Selain itu, akses menuju bandara DMK (tempat AA) emang agak susah. Kalau mau irit dikit, bisa naik BTS sampai stasiun Mo Chit terus nyambung taksi. Tapi setelah gue itung-itung bedanya nggak terlalu jauh. Lumayannya gue dapet 1 temen lagi buat patungan taksi ke bandara, total kita bertiga. Begini itungan gue diitung dari hostel di daerah Surasak:

BTS Surasak ke BTS Mo Chit : 55Bath x 3 orang = 165Bath

Taksi dari Mo Chit ke Bandara DMK :  sekitar         200Bath

________________ +

Total                                                              :                         365Bath    

Tapiiiiii kalo naik taksi dari depan hostel langsung tanpa perlu capek naek tangga BTS dan ngegembol backpack yang segede gaban, 3 orang cukup bayar 400Bath (udah hasil nawar pulak). Emang dasar males, jadi diputuskanlah naik taksi sampai bandara hahahha *backpacker macam apah!*

Sekedar informasi, taksi di Bangkok beraneka macam warna yang ngejreng-ngejreng. mulai dari pink, orange, merah, hijau, dll deh.. Nah gue nggak tau arti warna-warna itu. Tapi nanti bakal gue bahas kenapa di Bangkok banyak betebaran warna-warna yang ngejreng.

Selain 4 alat transportasi yang gue ceritain di atas masih ada TUK-TUK dan bis. Tapi gue nggak nyobain 2 transportasi ini. Tuk-tuk semacam bajaj atau becak bermotor dan yang pasti kalo mau nyobain naik tuk-tuk mesti rela ngerogoh kocek dalem-dalem. Informasinya sih, supir tuk-tuk suka ngegetok harga buat orang asing.

So, kalo mau keliling bangkok murah meriah mendingan naek BTS atau River Boatnya aja🙂

Categories: Traveling | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

