Baca bahasa Jepang wooii bukan ngaji…

Bulan – bulan ini lagi musim sibuk untuk kelas xii (3 SMA). Mulai dari TO (try out) sekolah, TO provinsi, TO univ, UAS, ujian praktek sampe ke UN.

Nah kalo lagi musim kayak gini, gue nemuin banyak hal lucu yang dilakuin sengaja atau nggak sengaja sama murid – murid di sekolah.

Setting kejadian ini di ruang kelas waktu ujian praktek.

Seperti ujian praktek tahun sebelumnya, ujian kali ini gue ambil praktek membaca. Buat yang nggak pernah belajar bahasa Jepang, pasti bakalan mikir, “Jiaah.. apa susahnya baca? tinggal buka mulut doang!”

Kalo sampe ada orang yang ngomong hal kayak yang gue tulis di atas di depan murid-murid gue, pastinya ntu orang bakal disiram air seember hahaha…

Untuk ujian praktek Bahasa Jepang gue pake sistem undian. Jadi ada cerita anak-anak Jepang yang masih asli ditulis pake huruf HIRAGANA (yang nggak tau huruf ini googling ajaahh yaaaaahhhh). Cerita itu gue bagi jadi 11 halaman. Tiap anak harus ambil nomor undian dan baca cerita yang ditulis keriting itu langsung di depan gue. Selain itu, mereka juga musti nyeritain secara singkat maksud dari yang mereka baca. Keringetan deh bocah-bocah…..

Contoh cerita yang musti dibaca murid gue, mantabsss kan….. hehehe…..

むかし、あるところに、やさしい
おじいさんが すんでいました。
おじいさんは、ぽちと いういぬを かっていました。

あるひ、ぽちが うらの はたけで わんわんなきました。
おじいさんが いってみると
「ここほれわんわん、
ここほれわんわん」

Walaupun keliatannya ntu cuma seuprit, tapiiii jangan salaaahhh.. Murid-murid gue sampe gemeteran, keringet dingin dan ada juga yang hampir mau nangis waktu ujian praktek. Dooohhhh…

Satu hal yang paling gue inget. Ada satu anak IPS yang emang ngocol abis sehari-harinya. Jadi, setelah ambil nomor undian, itu anak langsung baca “Audzubillah himinasyaitonirrajim…” 

Murid gue itu bilang, “Biar kayak ngaji sensei.. Bisa lancar bacanya”

Yaaaammmpuuuuunnnnnnn #tepokJidat

Categories: Sekolahan | Tags: , , , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Baca bahasa Jepang wooii bukan ngaji…

  1. 高校生たちは怖がったんだね? あの物語はこっけいな (^。^)/。。

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

